Dalam rangka pendidikan untuk karyawan, pengurus, dan pengawas Koperasi, Pada 28 Desember 2019 dilaksanakan kegiatan dalam rangka memperbaiki semangat dan kinerja seluruh jajaran pengelola Koperasi dalam menghadapi tahun buku 2020

Kegiatan dilaksanakan di Cikeas bekerja sama dengan Dandiah Care Center. Materi pendidikan kali ini memang difokuskan pada bagaimana membangun kerjasama tim. Mengingat pengelola Koperasi hakikatnya adalah tim yang harus mampu saling berkoordinasi dan bekerja sama dengan baik dan nyaman.

Acara didahului dengan rapat koordinasi seluruh jajaran pengelola (Pengurus, Pengawas, dan Karyawan) Koperasi dengan melakukan evaluasi dan review kegiatan dan usaha selama 2019 serta melakukan brainstorming terkait dengan program kerja yang disepakati dalam RAK.

Membangun hubungan antar tim bukan perkara sederhana terlebih masing-masing individu memiliki latar belakang (karakter, sifat, pendidikan, budaya) yang beragam. Tujuan yang harus dicapai dalam tim hendaknya menjadi landasan bagi setiap individu dalam tim untuk dapat mengalahkan ego masing-masing agar tujuan organisasi bisa tercapai.

Membangun kerjasama tim dilakukan dengan beberapa sesi permainan seperti roda gila games, trust fall, dan ranjau games. Games ini hakikatnya membangun empati, leadership & komunikasi antar anggota tim.

Sesuai sesi games, masing-masing disampaikan pemaparan terkait dengan apa makna dari games yang baru saja diikuti peserta sekaligus mereview dan menyamakan persepsi tentang aspek-aspek kerjasama tim.

Sesi yang juga sangat menyentuh adalah “Anger Management”. Pada sesi ini, Pemateri yakni Bapak Dandy Birdy dan Ibu Diah memaparkan secara lugas tentang apa itu emosi, kemarahan, dan bagaimana mengelola semosi dan kemarahan ini menjadi hal yang tidak menghancurkan kita tetapi justru membangun diri kita menjadi individu dan pribadi yang lebih baik terutama dalam konteks “working setting”.

Sesi Anger Management juga dilengkapi dengan sesi self teraphy dengan metode yang diajarkan dan dipraktikkan langsung peserta dan kelak dapat dipraktikkan sendiri dalam keseharian. Self healing teraphy ini membantu mengolah emosi amarah agar bermanfaat dan tidak merusak (diri dan lingkungan).

Sesi pendidikan ditutup dengan Review dan Surat Masa Depan. Seluruh peserta menuliskan harapan bagi diri dan lingkungan kerjanya dalam sebuah kertas yang kemudian dimasukkan ke dalam amplop dan akan dibuka 3-6 bulan mendatang oleh Unit SDM untuk melakukan evaluasi.

Selain merefresh dan menyalakan kembali semangat serta menghangatkan komunikasi antar pengelola Koperasi, Semoga pendidikan ini memiliki efek positif bagi permasalahan individu pengelola sehingga dapat memberi efek positif bagi kinerja di organisasi Koperasi.

Selengkapnya Photo Kegiatan dapat diakses di sini.